Site Network: Personal | My Company | Artist projects | Shop

 

sukses sebuah bangsa adalah akumulasi dari sukses setiap individu. apakah kalian pernah berpikir, bahwa dalam suatu masa kita akan sulit. Kehidupan ini bagaikan roda yang berputar...kadang kita di atas dan kadang pula kita di bawah.



Soichiro Honda

Soichiro Honda

Seperti yang telah Anda ketahui, Soichiro Honda pendiri Honda Motor adalah pemimpin 43 perusahaan yang berada di 28 negara. Ia tidak memiliki harta pribadi dan tinggal dirumah sederhana. Satu-satunya hobi yang amat disukainya adalah melukis di atas kain sutera. Bahkan ia tidak memberikan warisan kepada anak-anaknya, kecuali mengajarkan kepada mereka agar sanggup berusaha sendiri dan hidup mandiri.

Semua berawal pada tahun 1938, ketika ia mengumpulkan semua harta miliknya untuk diinvestasikan pada bengkel kerja dimana ia memulai konsep “ring piston”. Ia berharap bisa menjualnya ke Toyota, sehingga ia berusaha keras termasuk menginap di bengkel kerjanya dengan keyakinan ia dapat berhasil. Ia bahkan harus menggadaikan perhiasan istrinya agar bisa tetap melanjutkan usahanya.
Ketika “piston ring” sudah selesai, ternyata produknya itu di tolak oleh Toyota karena tidak memenuhi standar.

Ketimbang bersedih dengan kegagalan itu, Honda fokus pada sasaranya untuk mencapai target. Setelah dua tahun ia akhirnya berhasil, Toyota membeli produknya itu. Pemerintah jepang yang terlibat dalam kancah perang menolak menjual material untuk pembangunan pabrik, ia tetap tak mau menyerah, ia malah membuat pabrik pembuatan lalu membangun pabriknya.

Seusai perang ketika terjadi krisis bahan bakar di Cina, Honda bahkan tidak mampu membayar harga bahan bakar. Dalam keadaan putus asa ia menempelkan sebuah mesin pada sepedanya. Orang-orang melihatnya kagum dan meminta agar mereka juga dibuatkan sepeda motor. Akhirnya mesinnya habis.

Ia ingin memproduksi mesin tetapi modalnya habis. Ia mengambil keputusan untuk mengajak 18.000 penjual sepeda di jepang. Ia menjelaskan begaimana penemuannya bisa merevitalisasi perekonomian Jepang. Ia berhasil meykinkan 5000 dari mereka.

Untuk membayar di muka modal yang diperlukan, ia memproduksi dan terus meningkatkan kualitas produksi. Ia berhasil, sekarang ini perusahaan Honda sudah memiliki 100.000 pegawai. Memproduksi bukan hanya sepeda motor tapi juga mobil. Ia berhasil di jepang dan mengalahkan semua mobil, kecuali Toyota di Amerika Serikat.

Sukses Soichiro Honda disebabkan oleh kekuatan Impian, Pengambilan keputusan dan kegigihan untuk berjuang apapun yang terjadi. Kenapa kita tidak bisa seperti itu...

posted by eko pujiarto @ 8:50 AM,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home